Guides  

Konsumsi BBM Vario 110 Karbu, Penyebab Kenapa Bisa Boros

Konsumsi BBM Vario 110 Karbu

E Otomotif – Ketika membeli kendaraan bermotor yang harus Anda perhatikan ialah tentang konsumsi bahan bakarnya. Bila tidak secara detail memahami seberapa banyak konsumsi bahan bakar pada kendaraan, sudah pasti kita tidak akan tahu apakah motor tersebut boros atau tidak.

Seperti misalnya konsumsi BBM Vario 110 karbu dan berbagai penyebab motor tersebut sangat boros.

Perlu dipahami bahwa kendaraan bermotor kadang bisa sangat hemat dalam pengkonsumsian bahan bakar. Dengan begitu Anda juga bisa menghemat pengeluaran dan tidak hanya dipakai untuk beli bensin saja.

Baca Juga : Konsumsi BBM BMW E21

Motor yang boros sudah pasti dikarenakan beberapa faktor dan ini harus Anda ketahui supaya bisa segera dilakukan perbaikan agar tidak boros lagi.

Konsumsi BBM Vario 110 Karbu

Sebelum membahas tentang konsumsi BBM Vario 110 Karbu, perlu diketahui bahwa motor ini memiliki kapasitas tangki bensin yang lumayan besar, walau tidak sebesar jenis Honda Vario lainnya.

Kendaraan satu ini memiliki kapasitas tangki bensin kurang lebih sekitar 3,6 liter. Sementara itu untuk konsumsinya sekitar 61,8km/L.

Angka tersebut didapatkan setelah kendaraan Honda ini melalui pengujian RC40. Hal itu sejalan dengan teknologi mesin yang dibawa oleh Vario 110 Karbu. Di dalamnya Anda akan menemukan mesin 4 tak dengan kapasitas sekitar 108,2 cc.

Pastinya dengan kapasitas tersebut motor ini bisa menghasilkan tenaga hingga 6,38W pada 7.500 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya 8,65 Nm pada 6.000 rpm.

Anda tak perlu khawatir bahwa mesin akan cepat panas karena sudah dibekali dengan rangkaian sistem pendingin udara yang menjaga mesin tetap dalam keadaan stabil.

Apa Penyebab Vario 110 Karbu Boros Bensin?

Bensin boros pada kendaraan memang sangat menyulitkan diri sendiri sebagai penggunanya. Tidak hanya dari segi pengeluaran, tapi juga dari segi keamanan saat di jalan.

Ada beragam penyebab yang membuat konsumsi BBM Vario 110 Karbu jadi sangat boros daripada biasanya.

Dengan mengetahui faktor penyebabnya, diharapkan Anda bisa segera membawa motor tersebut kepada ahli untuk diperbaiki sehingga kenyamanan dan keamanan di jalan pun tidak perlu menjadi beban pikiran. Apa saja faktor penyebabnya?

1. Tangki Bensin yang Tidak Ditutup Rapat

Saat membeli bensin Anda tidak perlu merasa terburu-buru dan pastikan bahwa tutup tangkinya sudah rapat. Karena jika tidak rapat maka akan menjadikan bensin boros disebabkan oleh penguapan yang terjadi.

Selain itu, tutup tangki yang longgar berpotensi membuat bensin keluar ketika melewati jalan terjal dan itu cukup membahayakan.

2. Rem Seret

Menyetel bagian rem cakram harus disesuaikan dengan baik agar nyaman ketika dipakai. Bukan cuma soal kenyamanan, tapi rem yang seret juga bisa menyebabkan bahan bakar jadi lebih boros.

Ketika rem menjadi seret maka dibutuhkan tenaga yang besar agar roda dapat digerakkan. Alhasil mesin lebih cepat panas dan inilah yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan Anda.

3. Kotornya Filter Udara

Membersihkan filter udara secara rutin jadi tugas Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor. Apabila filter penyaring udara yang memuat debu dan kotoran dibiarkan begitu saja, maka kotoran tersebut juga akan menyumbat dan membuat bahan bakar jadi lebih cepat boros pengeluarannya.

Kesimpulan

Sebenarnya ada lebih banyak lagi penyebab konsumsi BBM Vario 110 Karbu jadi lebih cepat boros.

Anda harus mengecek ke ahlinya untuk mendapatkan jawaban pasti dan supaya motor lebih nyaman saat dipakai bepergian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *