Tips  

Pahami 5 Tanda Air Radiator Vario 125 Habis Agar Motor Terhindar Dari Kerusakan!

Tanda Air Radiator Vario 125 Habis

E Otomotif – Mengetahui tanda air radiator vario 125 habis merupakan hal penting bagi para pemilik motor vario, agar motor mereka tidak mengalami kerusakan yang parah.

Merawat kendaraan supaya tetap dalam keadaan baik merupakan hal paling krusial. Sebab, aktivitas jadi terganggu jika motor mengalami kerusakan.

Oleh karena itu Anda juga harus paham apa saja tanda air radiator Vario 125 habis agar tidak terkena masalah saat di jalan.

Motor Vario 125 masih banyak peminatnya di luar sana. Meskipun tak sedikit motor keluaran terbaru dengan harga mahal, tapi Vario 125 memang memiliki keunggulannya sendiri.

Baca Juga : Tips Merawat Sunroof Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Dengan memberikan perawatan terbaik pada kendaraan tersebut, maka mesin pun tetap awet dan tahan lama.

Tanda Air Radiator Vario 125 Habis

Salah satu perawatan motor yang harus diperhatikan adalah mengenai pengisian air radiator. Fungsi air radiator ini demi menjaga supaya mesin tetap dingin dan tidak panas. Untuk itu Anda harus tahu apa saja ciri-ciri atau tanda air radiator Vario 125 habis. Yuk simak!

1. Suara Motor Tidak Wajar

Penting untuk memahami suara mesin dari motor Anda sendiri agar saat ada kesalahan Anda bisa segera membawanya ke bengkel. Saat dirasa suaranya tidak wajar, misal terkesan berdengung atau berdecit maka itu adalah indikator bahwa mesin sedang dalam masalah.

Air radiator habis pada Vario 125 kerap kali ditandai dengan suara yang tidak wajar ini. Hal itu karena mesin sedang dalam kondisi sangat panas dan membutuhkan pendingin.

2. Nyala Lampu Indikator

Sebagai pemilik motor Vario 125 Anda juga pastinya tahu bahwa kendaraan tersebut telah dilengkapi dengan lampu indikator untuk mengecek persediaan air radiator. Fungsinya adalah untuk memberi peringatan kepada pengguna mengenai isi air radiator tersebut.

Saat lampu ini sudah menyala, maka artinya air radiator di dalam kendaraan sedang berada pada kondisi hampir habis. Oleh karena itu Anda tidak boleh menyepelekan hal ini dan segeralah lakukan isi ulang.

Radiator Vario 125

3. Mesin Sering Mati

Tidak segera mengisi air radiator dapat menyebabkan mesin cepat panas. Hal ini dapat berdampak pada sebagian besar komponen mesin motor Vario 125. Akan terjadi beberapa kerusakan pada bagian silinder, piston, busi dan lain-lain.

Alhasil dengan terjadinya kerusakan ini membuat mesin jadi mudah mati secara mendadak. Pastinya hal itu juga akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara di jalanan.

4. Adanya Asap Putih Dari Knalpot

Seringkali kita menjumpai kendaraan yang mengeluarkan asap putih dari knalpot dan mungkin bertanya-tanya apa penyebab dari kepulan asap putih tersebut. Ternyata asap putih ini bisa jadi tanda bahwa air radiator motor Anda dalam keadaan menipis atau habis.

Jika Anda mendapati ciri-ciri ini saat berkendara, maka segeralah periksa motor Anda dan cek bagian air radiatornya. Bila sudah hampir habis, maka secepatnya lakukan isi ulang supaya mesin tetap dalam keadaan baik-baik saja.

5. Boros Bahan Bakar

Air radiator yang semakin menipis atau bahkan habis dapat menyebabkan peningkatan bahan bakar dan mengurangi efisiensinya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab tekanan kompresi semakin meningkat.

Dikarenakan tekanan yang meningkat, tak heran apabila motor Anda akan sedikit lebih boros dalam penggunaan bahan bakar.

Segera lakukan pengecekan secara berkala agar motor Anda terhindar dari kerusakan dan membuatnya tidak boros lagi.

Kesimpulan

Setelah mengetahui tanda air radiator Vario 125 habis, Anda harus lebih sering memperhatikannya. Datangi bengkel terdekat dan lakukan penambahan radiator coolant demi menjaga fungsi mesin tetap bagus.

Dengan memberikan perawatan terbaik, Anda tidak akan kesusahan saat mengendarai motor di jalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *