Tips  

Alasan Lampu Indikator Vario 125 Menyala Kuning, Apa Saja Penyebabnya?

Lampu Indikator Vario Menyala Kuning

E Otomotif – Lampu indikator Vario 125 menyala kuning yang tidak wajar, tentu Anda harus mengetahui apa penyebabnya.

Dalam motor Vario 125 ada berbagai macam komponen yang dapat memberihukan pengguna mengenai kondisi motor tersebut. Salah satunya Anda bisa membaca kondisi motor lewat lampu indikator.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, anda memang harus aware atau lebih perhatian terhadap beberapa tanda yang tidak biasa dari kendaraan.

Baca Juga : Tanda Air Radiator Vario 125 Habis

Dengan lebih memperhatikan kondisi kendaraan maka Anda bisa mencegah adanya masalah di jalan saat motor dipakai.

Lampu Indikator Pada Vario 125

Lampu indikator ini bisa juga disebut dengan lampu MIL yang merupakan singkatan dari Malfunction Indicator Lamp. Lampu ini dihadirkan pada kendaraan bermotor dengan tujuan tertentu, salah satunya untuk mendeteksi beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda.

Tugas lampu indikator tersebut tentu saja memberikan sinyal apabila ada yang tidak wajar dengan cara berkedip dalam frekuensi tertentu. Biasanya lampu indikator pada Vario 125 akan menyala sebentar saat kunci diputar dalam kondisi ON.

Jika lampu tersebut menyala dengan frekuensi tertentu misalnya berkedip secara terus-menerus atau bahkan menyala dan tidak main sama sekali maka Anda wajib mencari tahu apa penyebabnya.

Penting untuk mencari tahu penyebab lampu indikator menyala tidak wajar agar Anda bisa segera melakukan perbaikan.

Lampu Indikator Vario 125 Menyala Kuning

Penyebab Lampu Indikator Vario 125 Menyala Kuning

Ada beberapa alasan yang harus Anda pahami kenapa lampu indikator Vario 125 menyala kuning tidak seperti biasanya dan sering berkedip-kedip.

Kira-kira apa saja penyebab hal tersebut? Mari simak penjelasannya!

1. Sensor Throttle Position yang Bermasalah

Sensor Throttle Position (TP) juga bisa bermasalah dan biasanya tanda untuk memberitahukan terkait masalahnya adalah lampu indikator menyala kuning dan berkedip selama beberapa kali. Beberapa kemungkinan masalah yang terjadi ada pada rangkaian sensornya.

Hal ini bisa saja menandakan adanya kelonggaran terhadap konektor sensor yang akan mengakibatkan terjadinya pemborosan terhadap bahan bakar motor. Selain itu, mesin juga akan kerap mati mendadak saat sedang digunakan.

2. Masalah Pada Sensor EOT dan ECT

Lampu indikator yang menyala kuning dan berkedip-kedip juga bisa jadi karena adanya masalah pada sensor EOT dan ECT.

Soket antara sensor EOT alias Engine Oil Temperatur dengan sensor ECT alias Engine Coolant Temperature tidak terhubung dengan benar.

Dikarenakan tidak terhubung dengan benar maka motor Vario 125 Anda akan mengalami masalah seperti mesin yang sulit sekali dinyalakan saat berada dalam suhu rendah.

Kemudian ketika dipakai mesin menjadi cepat panas yang berbahaya bagi penggunanya.

3. Sensor IAT Mulai Melemah

Lampu indikator motor Vario 125 bisa menyala kuning tidak wajar apabila ada masalah terhadap sensor IAT-nya. Bisa jadi karena rangkaian sensor IAT (Intake Air Temperature) ini terpasang longgar yang mengakibatkan motor Anda tidak dapat bekerja secara maksimal.

Mesin akan tetap bekerja sebagaimana biasanya, tapi akan membuat mesin motor Anda kekurangan tenaga. Hal ini dikarenakan adanya akselerasi yang buruk sehingga Anda harus segera memeriksakannya agar bisa diperbaiki dan sebelum menimbulkan masalah lebih lanjut pada komponen yang lain.

Kesimpulan

Lampu indikator Vario 125 menyala kuning adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan asal masih wajar-wajar saja. Namun, jika Anda menemukan kejanggalan maka segera pergi ke tempat service untuk mengeceknya.

Selain itu, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan kendaraan secara rutin agar dapat menghindari kerusakan pada motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *