Guides  

Mengenal Seluk Beluk Skema Soket Kiprok Vario 110 Karbu

Skema Soket Kiprok Vario 110 Karbu

Saat memiliki kendaraan bermotor Anda tentu harus memahami setiap komponen di dalamnya. Jika tidak tahu apa-apa maka akan sangat sulit terutama apabila terjadi kerusakan.

Salah satu yang harus dipahami adalah tentang skema soket Kiprok Vario 110 karbu.

Motor Vario 110 karbu sampai sekarang memang tak pernah sepi dengan peminat, bahkan banyak juga yang mencari bekasannya.

Baca Juga : Konsumsi BBM Vario 110 Karbu

Harga bekasnya pun masih cukup tinggi di pasaran. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan skema soket kiprok dari Vario 110 karbu ini?

Tentang Skema Soket Kiprok Vario 110 Karbu

Tak banyak pengguna kendaraan bermotor yang paham dengan apa itu skema soket kiprok Vario 110 karbu. Bisa dibilang ini merupakan gambaran untuk rangkaian kelistrikan pada sepeda motor Vario.

Semuanya terhubung satu sama lain antara kiprok, aki bahkan sistem pengapian kendaraan.

Bagai para teknisi atau montir yang setiap harinya bekerja memperbaiki sepeda motor, mereka memahami dengan betul tentang skema soket kiprok ini.

Sebab dengan memahaminya maka apabila ada kerusakan karena sistem kelistrikan motor, mereka bisa mengetahui bagian mana yang bermasalah.

Pada kendaraan Vario 110 karbu, lokasi soket kiprok ini biasanya terletak di area bawah tangki bahan bakar depan. Selain itu, kiprok kerap kali memiliki pendingin udara demi menghindari terjadinya overheating.

Selain itu, ada juga beberapa kabel yang menghubungkan antara kiprok dengan komponen lain seperti baterai dan juga stator.

Cara Kerja Kiprok Vario 110 Karbu

Memahami cara kerja skema soket kiprok Vario 110 karbu bisa dibilang cukup rumit. Namun, sederhananya nanti arus bolak balik yang berasal dari stator akan diubah kemudian dijadikan arus searah yang sangat penting dan dibutuhkan oleh baterai motor itu sendiri.

Dalam mengisi tegangan pada kendaraan bermotor, arus searah ini sangat diperlukan. Karena kiprok yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan ketidakstabilan pada baterai motor, alhasil kendaraan Anda juga akan kerap mengalami mati listrik dan tidak bisa dinyalakan.

Masalah pada motor memang sangat kompleks dan tidak sekedar tentang lupa mengisi bensin atau mengganti oli. Akan tetapi Anda juga harus paham masalah kelistrikan yang ada di dalamnya agar ketika terjadi kesalahan bisa segera diperbaiki.

Kiprok Vario 110 Karbu

Sejumlah Masalah yang Terjadi Pada Kiprok

Ada banyak masalah yang kemungkinan terjadi pada skema soket kiprok Vario 110 karbu. Di antaranya misal kabel kiprok yang mengalami kerusakan.

Jika kabel kiprok terdapat kerusakan, maka hal ini akan berpengaruh pula pada sistem kelistrikan yang membuat tegangan kendaraan Anda jadi tidak stabil.

Selain kabelnya, kiprok sendiri juga bisa mengalami kerusakan yang harus melalui penggantian komponen ini dengan yang baru.

Biasanya dalam mencari tahu kerusakan pada kiprok dibutuhkan alat khusus untuk mengecek tegangannya. Bila saat diukur tegangannya tidak sesuai, maka hal itu menandakan bahwa kiprok harus diganti sebab sudah rusak.

Meskipun Anda memahami tentang kiprok, tapi untuk membenahi masalah kelistrikan ini secara mandiri juga bukan solusi terbaik.

Sebab dapat berbahaya jika Anda tidak memiliki kelengkapan alat dan juga ilmunya. Sebaiknya Anda menyerahkan perbaikan masalah kelistrikan ini kepada orang-orang yang memang sudah ahli.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui sedikit tentang apa itu skema soket kiprok Vario 110 karbu. Namun, jangan coba-coba untuk mengutak-atik kendaraan sendiri jika tidak paham betul dengan sistemnya.

Selain itu, rawat kendaraan dengan baik serta melakukan pengecekan berkala setiap beberapa bulan agar menghindari sejumlah kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *