Guides  

Cari Tahu Berapa Konsumsi BBM GL Max, Berbagai Series

Konsumsi BBM GL Max

Sebagai pecinta motor lawas mungkin Anda juga sudah tak asing dengan Honda GL Max. Dulunya kendaraan ini menjadi salah satu primadona di Indonesia karena terkenal dengan ketangguhannya.

Konsumsi BBM GL Max dulu juga terbilang sangat hemat sehingga menjadi pilihan bagi masyarakat.

Terdapat beberapa series dari Honda GL Max yang semuanya menawarkan keunggulan masing-masing.

Baca Juga : Konsumsi BBM Suzuki Skywave

Walaupun memiliki kapasitas mesin yang cukup kecil, tapi kendaraan bermotor satu ini juga terkenal sangat lincah yang mana masyarakat suka memakainya untuk perjalanan jarak jauh.

Sejarah Singkat Series Honda GL Max

Honda GL Max masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1980-an. Saat itu series pertama yang diperkenalkan adalah GL Max Platina. Mesinnya masih memakai sistem pengapian platina dengan kapasitas 125cc.

GL Max Platina juga dilengkapi mesin OHC 4 Tak yang membuat performanya cukup dikagumi pada masa itu.

Setelah itu hadir juga series berikutnya yang diberi nama GL Max White Engine karena mesinnya berwarna putih dan menggunakan pengapian CDI.

Tentu saja dengan adanya CDI ini untuk perawatan serta pemakaiannya jauh lebih efektif dibanding series sebelumnya. Untuk kapasitas mesinnya juga masih sama yakni 125 cc dengan tangki BBM mencapai 8 liter.

Series GL Max Black Engine

Pada series berikutnya yang datang pada sekitar tahun 1987-an adalah motor Honda GL Max Black Engine. Motor yang bertipe sport touring ini memang diklaim mempunyai keunggulan tersendiri terutama dari segi mesin hitamnya yang menjadi identitas dari kendaraan tersebut.

Kapasitas mesin yang digunakan oleh GL Max Black Engine masih sama seperti generasi sebelumnya yaitu menggunakan kapasitas 125cc.

Sampai akhirnya kendaraan ini harus berhenti diproduksi pada tahun 1994 karena akan ada penggantinya yang jauh lebih muda.

Pengganti dari GL Max Black Engine tak lain adalah GL Max Neotech yang diproduksi pada tahun 1994 hingga kemudian dihentikan pada tahun 2005. Meski dari segi kapasitas mesin masih tak jauh beda dengan para pendahulunya, tapi untuk series satu ini tak perlu diragukan.

Selain karena keunggulannya yang mampu menghemat BBM, GL Max Neotech juga bisa berlari kencang pada trek lurus sehingga banyak sekali pengagumnya. Motor ini juga memakai sistem pengapian CDI sama seperti yang sebelumnya.

Berapa Besar Konsumsi BBM GL Max?

Mengetahui seberapa besar konsumsi BBM GL Max memang sangat penting apalagi jika Anda masih memiliki koleksi motor tersebut. Kebanyakan walau sudah tidak lagi diproduksi, tapi para kolektor motor lawas memodifikasi kendaraan ini agar lebih terlihat menarik.

Konsumsi BBM GL Max berada di kisaran 50 km/L dan pastinya tergantung dengan banyak hal, salah satunya adalah kebiasaan mengemudi yang kemungkinan terlalu agresif.

Dalam kendaraan bermotor, ketika Anda terlalu agresif misalnya dengan melakukan pengereman secara mendadak atau mengendarai dengan kecepatan yang terlalu tinggi, hal ini berpotensi membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Saat ini dengan banyaknya motor canggih keluaran terbaru, Honda GL Max series menjadi motor yang cukup langka. Namun, masih bisa ditemukan sejumlah komponen dari kendaraan ini yang dijual pada beberapa marketplace bagi Anda yang membutuhkannya.

Kesimpulan

Motor lawas zaman dulu memang terkenal dengan ketangguhannya, apalagi untuk menghadapi jalanan yang tidak terlalu rata. Konsumsi BBM GL Max yang amat irit membuatnya pernah sangat laris di pasaran.

Jadi, apakah Anda juga salah satu yang pernah mencoba atau memiliki motor ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *